Sunday, April 11, 2010

Pengaruh Budaya Dalam Pembentukan Perilaku Sosial


Pada hakikatnya manusia tidak mungkin hidup tanpa keberadaan orang lain karena kodratnya sebagai mahluk sosial (zoon politicon). Kehidupan bersama dengan orang lain tentu dilandasi oleh aturan-aturan tertentu, karena setiap orang tidak dapat berbuat sekehendak hatinya sendiri.
Terdapat kecenderungan bahwa manusia ingin hidup bebas karena kodratya yang lain sebagai mahluk individu, sehingga manusia diciptakan dengan keunikan-keunikan tertentu. Akan tetapi kalau keinginan tersebut dipaksakan akan berbenturan dengan keinginan dan kepentingan pihak lain, akan menimbulkan pertentangan.
Oleh karena itu untuk mencapai keteraturan dan kenyamanan hidup bersama dengan orang lain, manusia menciptakan aturan-aturan yang disepakati bersama tentang apa yang boleh dilakukan, apa yang harus dilakukan, apa yang sebaiknya dilakukan, atau apa yang jelas-jelas merupakan larangan dalam kehidupan bersama.
Sejak manusia dilahirkan adat dan kebudayaan menanamkan kepadanya tata nilai melalui orang tua, kakak, anggota kerabat, tetangga, teman ataupun masyarakatnya. Melalui proses sosialisasi dan enkulturasi (pembudayaan). Orang mewarisi tata nilai masyarakatnya.
Manusia menjadikan nilai sebagai landasan, alasan atau motivasi dalam segalatingkahlaku dan perbuatan. Dalam pelaksanaannya nilai-nilai dijabarkan dan diwujudkan dalam bentuk kaidah atau norma sehingga merupakan larangan, hal yang tidak diinginkan, celaan dan lain sebagainya.
Nilai-nilai yang ditanamkan pada seseorang oleh lingkungannya akan membentuk cara ia memandang lingkungannya dan bersikap dalam bidup. Kebiasaan dengan nilai-nilai itu pada akhirnya akan menumbuhkan tabiat, karena dengan tata nilai itulah pandangan dan sikapnya akan dikendalikan.
Tabiat akan memancarkan tindakan dan perbuatan melalui kemauan. Dengan kemauan yang kuat perilaku dan tindakan seseorang akan membentuk cara hidup. Cara hidup orang perorangan bila kemudian menjadi cara hidup sekelompok masyarakat akan membentuk kebudayaan.
Sehingga yang membentuk kebudayaan adalah tatanilai yang dianut seseorang. Bila tata nilai yang dianut berbeda sehingga berbeda pula pandangan hidupnya, sikap hidup, cita-cita, tingkahlaku atau perbuatan, maka akan beda pula kebudayaannya.

selengkapnya download disini gratis :D

1 comment:

Agusaja said...

Assalamu'alaikum...

Citra buletinnya up to date donk :D
kalo bisa setiap hari kasih berita yg hangat2,

Trimakasih....